Green Fire Pointer
Green Fire Pointer

Senin, 14 Mei 2012

Keselamatan Kerja

Pengertian Keselamatan kerja
    Keselamatan Kerja adalah keselamatan yang bertalian dengan mesin,pesawat,alat kerja,bahan dan proses pengolahannya,landasan tempat kerja dan lingkungannya serta cara-cara melakukan pekerjaan.Bisa juga dapat di artikan seperti : Keselamatan Kerja adalah tugas semua orang yang bekerja.
   Tujuan Keselamatan Kerja :
  1. Melindungi tenaga kerja atas hak keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup dan meningkatkan produksi serta produktivitas nasional.
  2. Menjamin keselamatan setiap orang lain yang berada pada di tempat kerja.
  3. Sumber produksi di pelihara dan di pergunakan secara aman dan efisien.
 Dalam hubungan kondisi-kondisi dan situasi di indonesia,keselamatan kerja di nilai sebagai berikut  :
  1.  Keselamatan kerja adalah sarana utama untuk pencegahan kecelakan,cacat dan kematian sebagai akibat kecelakan.
  2. Analisa kecelakaan secara nasional berdasarkan angka-angka yang masuk atas dasar wajib lapor kecelakaan dan data kompensasinya dewasa ini seolah-olah relatif rendah di bandingkan banyaknya jam kerja dan tenaga kerja
  3. Potensi-potensi bahaya yang mengancam keselamatan pada berbagai sektor kegiatan ekonomi jelas dapat di observasikan,misalnya sektor indutri di sertai bahaya-bahaya potensial seperti keracunan-keracunan bahan kimia,kecelakaan-kecelakaan oleh mesin : kebakran,ledakan-ledakan,dll
  4. Menurut observasi,angka frekwensi untuk kecelakaan-kecelakaan ringan yang tidak menyebabkan hilangannya hari kerja tetapi hanya jam kerja masih terlalu tinggi.
  5. Analisa kecelakaan memperlihatkan bahwa untuk setiap kecelakaan ada faktor penyebab.sebab-sebab tersebut bersumber kepada alat-alat mekanik dan lingkungan serta kepada manusiannya sendiri.sebanyak 85% dari sebab-sebab kecelakaan adalah faktor manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Test Footer 2

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review