Green Fire Pointer
Green Fire Pointer

Rabu, 22 Februari 2012

Kepemimpinan

Kepemimpinan muncul bersama-sama dengan adanya peradaban manusia.Adanya interaksi di antara mereka menyebabkan untuk bekerja sama dan membutuhkan kepemimpinan di antara mereka dan pada dasarnya setiap manusia adalah pemimpin,baik pemimpin bagi dirinya,keluarganya maupun masyarakatnya.Oleh sebab itu,manusia memiliki tabiat dan kecenderungan untuk hidup berkelompok,bekerja,bersyarikat(berorganisasi).Kecenderungan2 manusia untuk bekerjasama tersebut di sebabkan karena setiap individu atau kelompook pasti tidak luput dari yang namanya cita2 dan tujuan dalam hidupnya.
Seseorang di sebuah pondok pesantren katakanlah,pasti iia akan memeanfaatkan segala potensi dan daya yang ada pada dirinya baik rohani maupun jasmani guna menggapai cita2 dan tujuan dalam hidupnya.Sedangkan kepemimpinan yang berasal dan akar kata pemimpin,di maksudkan sebagai suatu proses memberikan rahan/bimbingan/perintah kepada orang lain guna mencapai maksud,tujuan dan agenda yang telah di sepakati dalam persekutuan tersebut.Lalu siapa sebenarnya yang pantas di sebut pemimpin,,??? artinya setiap manusia adalah pemimpin.dan bila di cermati ada beberapa istilah yang sama dengan pemimpin antara lain : imam,lead amir,kholifah,dll.
ada 3macam tentang sebab2 munculnya pemimpin :
1.Teori Genetis
teori ini menyatakan bahwa pemimpin itu tidak di buat maupun di cetak,akan tetapi lahir menjadi sosok pemimpin oleh bakat2nya yang luar biasa sejak kecil.
2.Teori Sosial
teori ini menyatakan bahwa pemimpin itu harus di persiapkan sedini mungkin,artinya menurut teori ini sosok pemimpin tidak cukup hanya dengan terlahirkan begitu saja dan kesimpulan dari teori bahwa untuk menjadi seseorang pemimpin perlu usaha2.
3.Teori Eklogis
teori ini menyatakan bahwa seseorang akan sukses menjadi pemimpin bila sejak lahirnya dia telah memiliki bakat2 kepemimpinan ,dan bakat2 ini di kembangkan melalui pengalaman dan usaha pendidikan yang sesuai dengan tuntutan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Test Footer 2

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review